Breaking News

Tuesday 25 November 2014

Raspberry Pi Control Servo

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana kontrol motor servo dengan raspberry.
Untuk itu ada beberapa alat yang harus di persiapkan :
control motor servo


  1. Raspberry Pi B+ 
  2. MicroSD 8Gb
  3. Router TP-Link tl-mr3020
  4. Wi-Fi dongle Edup 
  5. Motor Servo DS04-NFC
  6. Kabel Jumper 
  7. Batre Ultrafire 2 buah
Disini saya menggunakan OS Raspbian, OK langsung saja ke TKP !!! http://eemoticons.net

  • Install Webiopi pada raspberry, untuk lebih jelasnya bisa lihat disini.
  • Setelah selesai install WebIOPi maka tinggal membuat folder dengan nama servo (bisa nama apa saja).
  • Dan ini adalah skema rangkain servo ke raspberry pi 
    servo control haerul
  • Coding bisa di download di sini
  • Masuk kedalam folder servo dengan mengetik "$ cd servo" 
  • Setelah itu maka tinggal membuat file python untuk control motor servo dengan mengetik "$ sudo nano servo.py"
  • Masih dalam folder servo buat 1 file lagi dengan nama index.html file ini digunakan sebagai interface untuk mengontrol servo.



51 comments:

  1. nice post mas, saya juga sedang mengerjakan proyek yg serupa. yg mau saya tanyakan adl bagaimana caranya mengeksekusi skrip python dari perintah yg terhubung dengan tombol pada halaman html.
    jawaban mas akan sangat membantu thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya pake Webiopi mas.... tinggal download dlu trus nanti file index.html tinggal kita setting buat manggil file pythonnya

      Delete
    2. sip mas buat kontrol servonya project saya sudah berhasil pake webiopi, thanks infonya. oh iya untuk live streaming webcamnya pake webiopi juga bisa mas?

      Delete
    3. pake mjpg-streamer bro... banyak ko di google jg
      trus nanti baru di masukin alamat ip kameranya...tinggal masukin di file index.html

      Delete
  2. Replies
    1. hahaha alhamdulillah udah jadi kemaren projectnya terimakasih banyak bang.. o iya bg kok ane gak bisa download codingan di atas ya

      Delete
    2. nanti saya kirim lewat email aja

      Delete
  3. makasih bang email saya tryfajarman@gmail.com .. o iya caranya mjpg-streamer auto start pas raspy di nyalain gimana ya bg

    ReplyDelete
  4. nice idea mas, izin coba ya :v

    ReplyDelete
  5. Mas mau tanya..
    kok servo saya gerak nya cuma dikit yah?
    trus kirim sinyal nya juga lama bgt.
    kenapa yah master?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf bru bales :D

      tinggal di rubah aja setingan servonya... tinggal rubah angkanya aja yg di
      sudo nano servo.py

      Delete
  6. mas mau tanya...
    kok tampilan di interface nya yang di webiopi ny gak muncul2 ya knapa mas? padahal saya servo.py dan index.html nya sama semua sama punya mas, mohon jawabannya thanks mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu berarti settingan webiopinya blom di rubah... pasti masih default

      Delete
  7. interface ny sudah muncul mas, tpi kontrol tombol nya gak mau nggerakin servonya, ada error di pemanggilan macro nya itu gmna ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohhh itu bisa jdi webiopinya udh dinyalain duluan.....jd matiin dulu webiopi yg di config

      sudo /etc/init.d/webiopi start (yg ini matiin dulu tinggal ganti start jadi stop)

      trus jalanin lagi yg servo.py
      udh deh

      Delete
  8. maaf ya mas banyak tanya tanya, saya baru belajar tentang raspi soalnya, oke thanks mas jawabannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke sama-sama.... saya juga masih belajar ko ^_^

      Delete
  9. master, kalo boleh tau total biaya dr perangkat yg di gunakan brpa yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yg ini kurang lebih abis 1 juta beserta raspberrynya

      Delete
  10. Master, mohon ilmu nya untuk motor servo berhenti/mati di 90 derajat.
    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan rubah saja angka yg ada di coding python servo.py tersebut

      Delete
  11. bro, servo motornya pake selain DS04-NFC bisa kn ya?

    ReplyDelete
  12. kalo dijadiin bahan skripsi bisa Mas?

    ReplyDelete
  13. Cz, Saya perlu banget untuk nyelesaikan tugas akhir tahun ni ...

    ReplyDelete
  14. hubungi aja no ni 087898171681..
    Saya mo konsul sm Mas.. thx... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ko...tmn ane jg kmren bikin skripsi pake ini

      Delete
  15. mas bisa tolong bikinin tampilan webiopi buat pembacaan hasil jarak sensor hc-sr04 nggak? soalnya bingung bikin nya, kalau mas bisa bantu tolong email saja saya ke deno.ardian@yahoo.co.id
    soalnya ini buat tugas akhir saya mas, saya pakai raspi tipe b+ mas.

    ReplyDelete
  16. Gan scipt servo.py error di line 8 , GPIO=webipio.GPIO

    ReplyDelete
  17. gan tau cara ngecek servonya ngga ?
    rusak atau ngga nya tanpa raspberry pi ?

    punya ane servonya sama sekali ngga mau gerak soalnya.

    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya sih ane coba pke batre aja..cukup masukin vcc n gnd aja... trus batre pacnya pke ultrafire aja 2 biji jalanin on off trus trusan klo dia jalan sedikit" berati masih jalan n kalo ga jalan brrti beli lagi :v
      pengalamanane sih gitu gan

      Delete
  18. gan bisa tampilin file webiopi confignya ngga ?

    soalnya ane coba tampilannya masih default webiopinya,padahal udah di ganti di config webiopi nya.

    thanks

    ReplyDelete
  19. gan kalau untuk webcam logitecth C170 support raspberry ngga yah ?

    soalnya ga muncul di tampilannya nih.

    thanks

    ReplyDelete
  20. gan kalo membuat tampilan yang di androidnya pake apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yg divideo cuma manggil ip raspi aja lewat chrome

      Delete
  21. gan boleh minta coddingnya gan ???

    ReplyDelete
  22. btw itu logitech versi berapa yha gan ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan itu udah ada link download om 😫😫😫

      Delete
    2. sorry om gk liat om btw ntuh tempat baterai biasanya bli dimana om sorry om kebanyakan nanya atau namanya apa om biar enak nyari nya ana

      Delete
    3. Oke slow bro 😛
      Ane beli ditoko elektronik, kalo ga di tokopedia... namanya "kotak batre AA" pake keyword itu ditokopedia... murah cuma 6K

      Delete
  23. om, mau nanya2 nih
    kan mau install webIOPi nya di direct ke sourceforge tuh om, ini web sourceforge nya lagi down, ada alamat lain buat wget di raspi nya ga?
    ngobrol di email ya om kalo bisa :)
    ochid.doank@gmail.com

    ReplyDelete
  24. boleh bantu buat projek skripsi g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harryekaputra13@gmail.com itu email saya

      Delete
  25. mas, saya pas running webiopi nya error ya ?

    File "/home/pi/servo/python/servo.py", line 8, in
    GPIO = webiopi.GPIO
    AttributeError: module 'webiopi' has no attribute 'GPIO'

    ReplyDelete
  26. om script htmlnya gabisa di download gimana ya?
    kalo ada kirim ya om
    galuhwicaksono23@gmail.com

    ReplyDelete
  27. mas kalo di tambah jam terjadwal bisa gk?

    ReplyDelete

Designed By Blogger Templates